G-Smart.ID – Selama bulan september kita bisa turut berperan aktif membangun negeri melalui Sensus Penduduk 2020 karena data kependudukan merupakan informasi yang sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam merancang arah pembangunan Indonesia maju.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menyampaikan apreasiasi kepada 479 ribu penduduk kaltim yang telah berpartisipasi pada sensus online 2020 melalui akun IG @bpskaltim pada senin (12/9/2020)

Disampaikan pula oleh Wagub bahwa sensus penduduk belum selesai, mari kita terima kedatangan petugas sensus pada bulan september 2020 ini dengan tetap menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.

“Tunjukan rasa cinta kita pada Indonesia dengan memberikan data secara benar dan jujur dan pastikan kita semua tercatat” kata Hadi

Dalam sensus kependudkan ini dibagi dalam 3 zona pendataan di lapangan, setiap zona memiliki spesifikasi untuk memudahkan petugas sensus ketika melakukan pendataan dilapangan.

Mekanisme ketiga zona tersebut adalah yang pertama zona 1 Droff Off Pick Up yaitu pengisian kuesioner secara mandiri oleh penduduk, kuesioner akan diberikan oleh petugas sensus ke rumah penduduk dan akan diambil kembali.

Yang kedua zona 2  Non droff Off Pick Up yaitu penduduk tidak melakukan pengisian kuesioner akan tetapi petugas sensus melakukan verifikasi lapangan dan konfirmasi keberadaan seluruh keluarga dan seluruh penduduk secara door to door bersama ketua atau pengurus SLS.

Dan yang ketiga zona 3 ialah berupa wawancara, pendataan penduduk dilakukan dengan cara wawancara oleh petugas sensus  dan akan didatangi door to door oleh petugas sensus. (G-S02)

Spread the love