Sangatta, G-Smart.id – Guna meningkatan kualitas dan professionalisme anggota Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) yang mengacu pada kode etik dan Undang-undang Pers. Digelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PT Aksara Solopos dan MZK institut bersama AJKT.

UKW AJKT Angkatan I yang digelar pada 13-14 November 2021 ini di ikuti sebanyak 27 pewarta, baik media cetak, media online maupun media elektronik. Untuk tingkat utama sebanyak tiga peserta, madya lima peserta dan muda 19 peserta.

Setelah 12 rangkaian mata ujian kompetensi dilalui anggota AJKT, maka berdasarkan rapat evaluasi para penguji, Minggu (14/11/2021) di salah satu ruang Hotel Victoria Sangatta, diputuskan semua peserta lulus dan dinyatakan kompeten.

Terkait hasil tersebut, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat memberikan sambutan sekaligus menutup kegiatan ini mengatakan rasa bangganya kerena dari hasil penilaian tim penguji semuanya dinyatakan memiliki kompetensi sebagai wartawan.

“Hal ini sangat luar biasa, selamat kepada rekan-rekan wartawan yang tergabung di AJKT yang sudah lulus ujian kompetensi,” ucap Ardiansyah.

Lebih jauh di sampaikan Pemerintah Kutai Timur tetap membutuhkan informasi update yang di sampaikan oleh para wartawan, sehingga pekerjaan pemerintah bisa tepat sasaran.

“Tidak ada pekerjaan pemerintah yang bisa dilakukan sendiri kecuali harus bekerja sama dengan semua komponen, baik itu wartawan, masyarakat, perusahaan dan yang lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Ery Mulyadi yang ditemui usai acara mengatakan dengan adanya uji kompetensi ini, diharapkan kualitas dan kompetensi para wartawan di Kutai Timur lebih meningkat.

“Tentu saja para wartawan ini diharapkan dapat lebih bersinergi dengan pemerintah, selama ini kerjasama yang sudah terbangun antara pemerintah, wartawan dan masyarakat Kutai Timur sudah cukup baik, dan kedepan diharapkan lebih baik lagi,” ujar Ery. (G-S02)