Sangatta, G-Smart.id – Dipenghujung tahun 2021 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) kembali menorehkan prestasi ditingkat Nasional, setelah sebelumnya Dusun II Kabo Jaya desa Swarga Bara Sangatta Utara menerima Penghargaan Trophy Proklim Utama pada Tanggal 19 Oktober 2021 lalu , kali ini SMPN 4 Sangatta Utara yang dipimpin oleh Kepala Sekolah (Kepsek)Yetti Arifa Desiviana menerima penghargaan sekolah adiwiyata nasional tahun 2021 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan ini diberikan kepada sekolah yang telah melakukan gerakan Peduli dan berbudaya lingkungan Hidup di sekolah (PBLHS) secara virtual di ruang Live Room Diskominfo Perstik Kutim, jumat (24/12/2021) dan turut dihadiri oleh Yetti Arifa Desiviana Kepsek SMP 4 sangatta Utara, Management PT KPC dan Management PT. Pama, serta tim Adiwiyata DLH Kabupaten Kutai Timur dan Tim Adiwiyata SMPN 4 Sangatta Utara.

Menurut Aji Wijaya Effendi Kadis Lingkungan Hidup Kutim, penghargaan diperoleh setelah melalui proses penilaian sejak bulan September yaitu seleksi administrasi dari 20 sampai dengan 30 september 2021 dan penilaian pemenuhan kriteria sekolah adiwiyata dari tanggal 11 oktober sampai dengan 5 nopember 2021.

“Penilaian dilakukan secara offline dan online melalui sistem informasi adiwiyata (Si Dia) yang diikuti oleh 932 sekolah dari 150 Kabupaten 34 Kota dan 24 Provinsi yang diusulkan oleh DLH untuk mendapatkan penghargaan adiwiyata Nasional dan adiwiyata Mandiri. Sebanyak 344 sekolah yang memenuhi kriteria Dan mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional,” ujarnya.

Ditambahkannya Penghargaan ini berdasarkan SK menteri KLHK NOMOR SK.1079/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021 tentang Penetapan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021 SMPN Negeri 4 Sangatta Utara merupakan salah satu penerima penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2021.

Dimana penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi KLHK kepada sekolah dalam upaya melaksanakan Gerakan PBLHS untuk mendorong aksi kolektif disekolah agar Warga sekolah secara sadar dan sukarela berjejaring dan berkelanjutan menerapkan perilaku lingkungan hidup yang meliputi aspek kebersihan, fungsi sanitasi, drainase, pengelolaan sampah,penanaman, pemeliharaan pohon dan tanaman , konservasi air, konservasi energy, dan inovasi terkait perilaku ramah lingkungan,berdasarkan identifikasi potensi dan masalah Lingkungan hidup.

Sementara itu dikatakan Yetti Arifa Desiviana Kepsek SMP 4 sangatta Utara bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah khususnya Dinas LH dan Dinas Pendidikan yang sangat besar serta dukungan stakeholder terkait yaitu PT. KPC dan PT. Pama dalam membina SMPN 4 Sangatta Utara mencapai Penghargaan Adiwiyata Nasional 2021.

“Diharapkan ditahun mendatang SMPN 4 Sangatta Utara mampu untuk meraih Adiwiyata Mandiri,” imbuh Yetti.

Penghargaan Adiwiyata Nasional kali ini merupakan penghargaan Adiwiyata ditingkat Nasional yang ke 16 yang diraih oleh Kutim sejak tahun 2009. Yang terdiri dari 9 Penghargaan Adiwiyata Nasional dan 7 Penghargaan Adiwiyata Mandiri.

Diharapkan tahun depan akan banyak sekolah yang mampu meraih Adiwiyata Nasional sehingga dapat menjadi menciptakan sekolah yang mampu mencetak generasi muda yang siap berinteraksi dan penuh tanggung jawab terhadap lingkungan hidup. (*/G-S02)