SANGATTA – Pendidikan anti korupsi dinilai sangat penting dalam upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi, pendekatan yang diutamakan dalam pencegahannya dimulai sejak dini, salah satunya dengan memuat program kegiatan pendidikan anti korupsi dengan aplikasi JAGA.ID.

Terkait program tersebut, menurut Kepala SMPN 3 Sangatta Utara, Daud Boro Patoding pendidikan anti korupsi merupakan program yang cukup bagus untuk melatih anak-anak agar tidak melakukan korupsi sejak usia dini.

“Untuk program ini cukup bagus ya, untuk siswa-siswa kita di lingkungan sekolah terkait pembelajaran dini tentang korupsi,” ucap Daud, jumat (11/11/2022).

Di sekolahnya, Daud mengatakan telah mensosialisasikan program pendidikan anti korupsi JAGA.ID kepada anak didiknya, selain itu, pihaknya juga telah melakukan kampanye anti korupsi di sekolah bersama guru-guru lainnya.

“Kami juga memasukkan dalam ekstrakurikuler sudah ada dua guru, mereka kampanye (pendidikan anti korupsi),” ucapnya.

Di samping itu juga disampaiakn pihaknya akan memasang banner atau spanduk anti korupsi di sekolah.”Tahun depan kita akan mulai pasang banner-banner juga di sekolah,” tandasnya.

Untuk diketahui, di beberapa kesempatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga telah meminta seluruh satuan pendidikan di Indonesia untuk memanfaatkan platform Jaga.id ini, situs ini diyakini bisa memaksimalkan pendidikan anti korupsi di jenjang sekolah.

Pihak KPK menghimbau agar satuan Pendidikan secara tertib mencatatkan implementasi pendidikan anti korupsi pada platform tersebut, karena di Jaga.id memiliki wadah khusus untuk pendidikan anti korupsi, wadah itu juga bisa digunakan untuk memantau dan mengevaluasi dalam implementasi pendidikan di sekolah. (ADV/G-S09)