SANGATTA. – Anggota DPR RI Irwan melakukan kunjungan ke Dermaga Pelabuhan Kenyamukan Sangatta, Rabu (20/10/2021). Kegiatan itu merupakan rangkaian kunjungan reses anggota DPR RI Komisi V Dapil (Daerah Pilihan) Kaltim ini di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Dijelaskan oleh Irwan posisi Pelabuhan Kenyamukan sangat strategis sebagai moda transportasi laut oleh karena itu dirinya akan terus mendorong agar Pelabuhan tersebut segera beroperasi.

Ditambahkannya Pemerintah Pusat akan bantu terkait akses jalan menuju Pelabuhan, yaitu peningkatan jalan sepanjang 1,3 Km melalui kementrian PUPR.

“Mudah-mudahan tahun depan bisa dilaksanakan. Alokasi pembiayaan keseluruhan senilai 300 miliar,” ungkapnya

Terkait status Pelabuhan Kenyamukan sebagai pelabuhan pengumpul, dirinya mengatakan tidak menjadi kendala terkait bantuan yang berasal dari pusat. Selama masih ada kewenangan Kementrian Perhubungan.

“Yang dihibahkan aset, makanya kita akan cari sumber pembiayaan dari mana saja selama masih diperkenankan. Selain itu bisa menghemat APBD Kutim,”ujar Irwan.

Sementara itu di tempat yang sama Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang Sangat optimis pembangunan Pelabuhan Kenyamukan Sangatta selesai sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.

“Kita punya aset yang sangat berharga (Pelabuhan Kenyamukan) dan ini tidak boleh diabaikan. Kalau tidak di rawat dan dioperasikan, maka akan sia-sia,” ujar Kasmidi

Dirinya mengatakan Pemkab Kutim akan terus berupaya membangun komunikasi, dari tingkat bawah hingga ke tingkat pusat. Agar tidak ada lagi kendala yang menghambat proses pembangunan Pelabuhan Kenyamukan Sangatta ini

“Kita akan coba melalui APBD, APBD Provinsi dan APBN Pusat, supaya pembangunan Pelabuhan ini cepat selesai,” Bebernya. (G-S04)