G-Smart.id – BUSANG – Jembatan yang ditunggu-tunggu masyarakat Busang akhirnya sudah terwujud, Pembangunan Jembatan Amay Benny Subianto yang dibangun sejak 27 Maret 2020 progresnya sudah mencapai 100 persen. Kini jembatan penghubung Kecamatan Busang dan Kecamatan Muara Ancalong  sudah bisa dilalui oleh masyarakat.

Dengan terbangunnya jembatan ini masyarakat tidak perlu lagi menggunakan kapal untuk menyeberang, bisa menghemat dan mempercepat akses mobilisasi yang dilakukan oleh masyarakat didua kecamatan, khususnya Muara Ancalong dan Busang, sebab akses semakin cepat tidak harus melintasi Kecamatan Long Mesangat.

Camat Busang, Impung Anyeq beberapa waktu yang lalu menyampaikan jembatan yang dibangun oleh PT Triputra Agro Persada (TAP) Group induk perusahaan PT SAWA, sudah selesai dan bisa dinikmati masyarakat.

“Tinggal menunggu peresmiannya saja lagi. Atas nama msayarakat Busang mengucapkan banyak terima kash atas terselesaikan jembatan yang telah lama dinanti-natikan masyarakat kita,” ucap Impung.

Jembatan Amay Benny Subianto ini merupakan jembatan tipe C yang memiliki spesifikasi bentang utama sekitar 60 meter dan panjang keseluruhan 120 meter. Sedangkan bentang pendekat 2×30 meter, dengan lebar bersih 3,5 meter atau total lebar jembatan 4,5 meter.

Dikatakan Impung, terbangunnya jembatan berkat kolaborasi yang baik antara Pemerintah Kutim dengan pihak ketiga PT Subur Abadi Wana Agung (SAWA) serta masyarakat Kecamatan Busang.

“Pembiayaan pembangunan jembatan sepenuhnya ditanggung oleh pihak perusahaan. Melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang difasilitasi oleh Forum MSH CSR dengan biaya sebesar 22 miliar,” bebernya. (G-S04)