G-Smart.id-Samarinda – Sebagai daerah destinasi wisata, Kabupaten Berau memang perlu berbenah banyak. Terutama dari sisi kesiapan infrastruktur seperti jalan dan fasilitas publik. Dengan begitu, para pelancong yang ke Berau selain dapat menikmati keindahan alam dan lautnya, juga merasa nyaman dengan adanya infrastruktur jalan yang baik dan memadai.

Menurut anggota Komisi III DPRD Kaltim Agus Aras, bahwa Kabupaten Berau telah dikenal tidak hanya di kalangan wisawatan nasional, tetapi juga mancanegara. Artinya, dari sisi gaung atau promosi, Berau telah memiliki nama. Sehingga itu menjadi modal dalam meningkatkan sektor pariwisata tersebut.

Hanya saja, yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah Kabupaten Berau maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim adalah membenahi infrastruktur penunjangnya. Baik itu infrastruktur jalan maupun sarana dan prasarana transportasi yang ada di Berau. Sehingga memudahkan wisawatan untuk berkunjung dari destinasi wisata yang satu ke destinasi wisata yang lainnya.

“Semua orang pastinya tahu, kalau Kabupaten Berau itu terkenal dengan objek pariwisatanya. Dari wisata pantai hingga alam, semua ada di Berau. Dan memang indah. Tapi kalau infrastruktur tidak mendukung, justru percuma. Ini yang saya kira perlu dibenahi segera oleh Pemerintah Berau maupun Pemerintah Kaltim,” kata Agus Aras pekan lalu.

Dia menjabarkan, salah satu alasan mengapa daerah wisata seperti Bali begitu ramai dikunjungi wisawatan lokal, nasional maupun mancanegara. Karena selain memiliki potensi alam dan kebudayaan yang sangat luar biasa bagus. Hal yang terpenting yang dimiliki Bali yakni ketersediaan infrastruktur yang baik dan memadai.

Jika hal serupa dapat diperhatikan dan dibenahi Pemerintah Berau dan Pemerintah Kaltim, politikus Partai Demokrat ini yakin, kalau Berau bisa berkembang pesat seperti Bali maupun daerah wisata lainnya di Tanah Air. Artinya, selain memiliki ekonomi dari sektor pertambangan, Berau perlahan akan bisa berganti menjadi daerah dengan sektor bisnis di bidang pariwisata.

“Saya kira, kalau semua infrastruktur yang ada di Kabupaten Berau bisa dibenahi segera, maka itu pasti akan sangat membantu sekali meningkaykan minat wisatawan untuk berkunjung ke Berau. Sebagai anggota DPRD Kaltim, saya akan berusaha menyuarakan hal ini. Akan sangat disayangkan jika potensi yang ada ini tidak digarap dengan serius,” paparnya.

Untuk itu, dia berharap, perbaikan berbagai sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah pesisir Berau dapat segera dilaksanakan Pemprov Kaltim. Sehingga selepas pandemi, Berau dan Kaltim secara umum, dapat berlari dalam mengejar perbaikan ekonomi. (ADV/G-S06)

Spread the love