Sangatta – G-Smart.id – Forum Anak Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ikut ambil bagian dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Musrenbangkab) yang dilaksanakan di ruang Meranti Sekretariat Kabupaten, kamis (7/4/2022)

Keikutsertaan anggota forum anak ini menunjukkan bahwa pemenuhan hak anak juga penting dalam rencana pembangunan daerah di Kutim, hal ini bertujuan agar kegiatan pembangunan di bidang perlindungan dan kewajiban anak dapat terwujud.

Diwakili oleh Nur Sabriani Agriana siswi SMAN 2 Sangatta Utara dan Sendy Dewal Yohannes siswa SMPN 4 Sangatta Utara, ada 6 (enam) usulan yang mereka suarakan dalam kegiatan ini, yaitu perlu adanya sekretariat Forum anak di desa/kecamatan/kabupaten, kemudian perlu ada nomor yang bisa dihubungi atau untuk mendapatkan segala informasi yang terkait anak seperti beasiswa, Pendidikan, Kesehatan yang menjadi satu basis.

“Kami ingin semua tempat umum, memiliki fasilitasi untuk ramah anak, seperti tempat cuci tangan, tempat duduk, sudut baca, kran wudhu untuk dimesjid toilet anak dan pojok bermain,” pinta Nur Sabriani Agriana.

Dirinya juga ingin adanya tempat kawasan bermain roda dua atau balapan motor yang aman karena banyaknya balapan liar.

“Balapan liar ini selain merugikan diri sendiri juga merugikan orang lain, oleh karena itu bakat atau hobi ini perlu didukung dan dibuatkan lintasan khusus yang aman buat orang lain,” kata ia.

Usulan lainnya adalah perlu adanya posyandu remaja di semua Desa atau sekolah serta adanya tempat bermain dan berkreasi di Sangatta, seperti pusat kreatifitas seni, budaya dan olahraga.

Ikut Musrenbangkab 2023, Forum Anak Kutim Sampaikan 6 Usulan

Menanggapi usulan dari tersebut Kepala Bappeda Suprihanto mengatakan Bappeda merupakan leading sectornya Forum Anak bersama forum-forum lainnya dan apa yang disampaikan tadi sudah ada yang dilaksanakan sebelumnya, seperti tempat umum yang ramah anak dan sebagainya.

“Nanti kalau ada pertanyaan yang spesifik, lokus yang akan dilakukan silakan ke Bappeda atau menghubungi nomor yang menanganinya, nanti jawaban lengkapnya akan di sampaikan,” ujar Suprihanto kepada perwakilan Forum Anak Kutim.

Musrenbangkab Kutim Tahun 2023 dibuka oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman, kamis, (7/4/2022) di ruang Meranti Sekkab dan turut dihadiri Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Wakil Ketua DPRD Arfan dan Asti Mazar serta anggota DPRD lainnya, Pjs Sekretaris Daerah Yuriansyah, Wakapolres Kutim Kompol Triyanto, Pasilog Kodim 0909/KTM Letda Arm Setiyono, Kalaksa Lanal Sangata Mayor Laut Herwanto, Kepala Bea Cukai Kutim Benny Wisma Nogroho, General Manager External Affairs and Sustainable Development (ESD) Wawan Setiawan, Kepala OPD, Camat se-Kutim serta stakeholder lainnya. (G-S02)

Spread the love