G-Smart.id-Samarinda- Komisi II DPRD Provinsi Kaltim menerima kunjungan Komisi III DPRD Kabupaten Paser membahas terkait masalah pertanian dan peternakan.

Pertemuan dilakukan di Gedung E Lantai I diterima langsung oleh ketua komisi II Veridiana Huraq Wang beserta anggota, Rabu (29/1).

Dalam kesempatan ini Komisi III DPRD Kabupaten Paser menyampaikan usulan-usulan masyarakat terkait rumah potong hewan dan tenaga honor penyuluh.

Ditemui seusai Rapat Ketua Komisi II DPRD Kaltim Veridiana, sebenarnya secara umum bantuan keuangan cukup besar ke Kabupaten Paser, tetapi kalau di rinci bantuan tersebut banyak ke arah fisik, sementara di bidang pertanian dan perternakanya masih sangat kurang.

“Mereka tadi meminta supaya proporsional, bantuan dibidang pertanian, perternakan until diperhatikan di Kabupaten Paser” ujarnya Veridiana.

Dirinya menambahkan potensi di bidang pertanian dan peternakan itu sangat luar biasa, apalagi Paser itu dekat dengan calon Ibu Kota Negara (IKN) .

“Mereka mempunyai lahan punya wilayah yang bisa dikembangkan tapi perlu disuport oleh  Sarana dan prasarananya, Kabupaten Paser ditetapkan sebagai salah satu daerah untuk menopang IKN,” paparnya.

Lebih Jauh Politisi PDIP Menyampaikan Kabupaten Paser sebenarnya secara persiapan lahan cukup, walaupun dari fakta dilapangan itu sudah terjadi penyusutan, karena lahanya banyak digunakan untuk pertambangan dan perkebunan, tetapi kalau dilihat Paser cukup luas untuk cadangan lahan.

” Mereka tidak menyebutkan jumlah petani tapi mengenai lahan disampaikan memang ada lahan kurang lebih 6000 hektar yang sudah dicadangkan untuk pertanian tetapi ada 2000 hektar yang sudah terpakai untuk perkebunan, dibidang perkebunan Paser itu ditetapkan klasternya untuk lengkeng.” ungkapnya. (ADV/GS-05).

Spread the love