SANGATTA – Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang dilaksanakan pada, sabtu (5/10/2024) malam di Hotel Harris Samarinda menghasilkan beberapa poin penting terkait Pilkada 2024 di Kutim.

Usai pertemuan tersebut, Pjs Bupati Kutim Agus Hari Kesuma mengatakan pertemuan tersebut terkait kesiapan seluruh unsur Forkopimda dalam mendukung kesuksesan Pilkada pada sisi pengamanan, pengawalan distribusi logistik, terutama daerah yang wilayahnya jauh dan pendampingan hukum.

Selain itu disampaikan perlunya koordinasi intensif seluruh unsur Forkopimda menjelang Pilkada dalam bentuk pertemuan rutin, deklarasi Damai dan pertemuan terakhir menjelang Pilkada.

“Poin pentingnya terkait keamanan dan distribusi kotak suara dan kertas suara yang kita bahas tadi, khususnya daerah yang jauh seperti di Tanjung Mangkaliat terkait kendala alam,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar mengatakan terkait pendistribusian logistik pemilu yang kemungkinan ada sedikit kesulitan terutama di daerah Sandaran dan Tanjung Mangkaliat.

“Rencananya pendistribusian melalui darat ke Sangkulirang kemudian dilanjutkan menggunakan kapal ke Sangkulirang dan Tanjung Mangkaliat, ada enam TPS di daerah tersebut,” tuturnya.

Sedangkan Dandim 0909/KTM Letkol Inf Ginanjar Wahyutomo mengatakan sesuai dengan perintah Presiden RI Joko Widodo saat dikumpulkan di IKN agar mensukseskan serah terima Presiden dan Pilkada serempak.

“Kita punya kewajiban mensukseskan hal tersebut dengan mengoptimalkan energi kita agar Pilkada di Kutim terselenggara dengan aman dan damai karena ini pesta demokrasi rakyat,” kata ia.

Senada hal tersebut diatas, Kepala Kesbangpol Kutim Tejo Yuwono menyebut pertemuan ini koordinasi menghadapi Pilkada 2024 di Kutim dan pemetaan sikon di lapangan yang berkaitan dengan keamanan dan distribusi logistik.

“Seluruh pimpinan Forkopimda siap mengamankan Pilkada yang dilaksanakan pada 27 Nopember 2024 mendatang,” ucap Tejo. (g-s02)

Loading