Sangatta – Ribuan Pencinta Tinju di Kutai Timur (Kutim) memadati Polder Ilham Maulana Sangatta Utara, sabtu (6/7/2024) malam untuk menyaksikan pertandingan Final Tinju Rakyat Season 5.

Tinju Rakyat Season 5 yang total hadiahnya kurang lebih 80 juta dari 26 kelas yang dipertandingkan ini benar-benar memberikan suguhan menarik bagi penonton yang hadir menyaksikan pertandingan ini. Jual beli pukulan dan adu teknik di ring tinju membuat penonton tak henti-hentinya bersorak saat para petinju berlaga.

Wabup Kasmidi Bulang yang hadir didampingi Ketua KONI Kutim Rudi Hartono, Ketua Panitia Tinju Rakyat Season 5 AKP Damianus Jailatu, perwakilan Polres Kutim, perwakilan Dandim 0909/KTM, tokoh tinju Kutim Syahlianoor atau biasa disebut H Ijing serta undangan lainnya nampak sangat menikmati jalannya pertandingan final tinju ini, sesekali terlihat bersorak dan bertepuk tangan saat para petinju bertanding dengan fight saat jab, straight, hook dan upper cut diperlihatkan kedua petinju di atas ring.

Di tempat itu, saat menutup Tinju Rakyat Season 5, Wabup Kasmidi Bulang mengatakan ini merupakan event olahraga yang sangat menghibur pencinta tinju di Kutim.

“Jadikan Tinju Rakyat ini menjadi agenda tahunan,” pesan Wabup Kasmidi.

Selanjutnya disampaikan, Pemkab Kutim memberikan ruang dan kepada anak-anak untuk bisa berprestasi di dunia olahraga apa pun cabang olahraganya.

“Semua Cabor ada di Kutim, jadi silahkan mau cabor apa saja. Kordinasikan dengan KONI Kutim, nanti akan dibina agar bisa menjadi atlit andalan kita yang akan membawa harum Kutim, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional,” ujarnya.

Terakhir Wabup Kasmidi berpesan, karena Tinju Rakyat ini kembali digelar tahun depan, maka dirinya meminta kepada para petinju untuk terus mempersiapkan diri dan berlatih.

“Bagi para petinju di tinju Rakyat ini yang belum berprestasi agar terus semangat dan persiapkan diri untuk berlaga lebih fight dan on fire lagi tahun depan,” pungkasnya.

Ketua Panitia Tinju Rakyat Season 5, AKP Damianus Jailatu (kiri)

Sementara itu ditemui usai pertandingan, Ketua Panitia AKP Damianus Jailatu mengatakan tinju rakyat ini merupakan olahraga masyarakat dan sesuai dukungan dari pemerintah maka Rinju Rakyat Season 6 akan digelar lagi tahun depan.

“Kami akan laksanakan tahun depan Tinju Rakyat lebih meriah lagi,” tutur AKP Damianus Jailatu didampingi tokoh tinju Kutim H Ijing.

Selanjutnya disampaikan, petinju-petinju lokal Kutim yang potensial akan dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim tahun 2026 mendatang.

“Mulai hari ini melalui Tinju Rakyat Season 5 kami seleksi semua petinju muda agar terus eksis berlatih untuk mempersiapkan Porprov 2026,” beber AKP Damianus Jailatu yang juga pemilik Sasana Tinju Komodo Boxing Kutim.

Dirinya berharap induk olahraga tinju di Kutim lebih peduli dengan potensi petinju-petinju Kutim. ” Harus ada perubahan kepengurusan agar atlit-atlit kita bisa terbina dengan baik,” ucapnya. (Adv/g-s02)

Loading